Tugas Minggu 9 PPB I

Nama    : Tegar Ganang Satrio Priambodo

NRP       : 5025201002

Kelas     : PPB I

Membuat Aplikasi Woof

Pada tugas pertemuan 9 ini akan membuat woof yang berisi gambar hewan peliharaan dengan referensi berikut

Pertama tama kita load starter project pada branch starter di github dalam bentuk ZIP yang di ekstrak. Selanjutnya load project pada android studio. Setelah semua resource sudah siap selanjutnya kita akan mulai memodifikasi starter project.

Penambahan Warna Tema Terang dan Gelap

Saat ini tema terang dan gelap menjadi pertimbangan dalam mengembangkan aplikasi android, untuk project kali ini sudah tersedia referensi warna tiap tema pada file Color.Kt pada folder ui.theme. 

Selanjutnya pada file Theme.kt ditambahkan kode seperti berikut. Terdapat metode composable WoofTheme sebagai program penentuan tema dengan melihat variabel dynamicColor apakah tema pada sistem smartphone di setting tema gelap atau terang.

Menambah Bentuk Tiap Card

Untuk mengubah bentuk perlu memodifikasi kode pada Shape.kt dan MainActivity.kt. Pada card tiap hewan peliharaan dibuat tampilan dengan sudut rounded. 

Menambah Tipografi

Agar tampilan semakin menarik perlu penggunaan font yang tepat. pada studi kasus ini kita gunakan font style Montserrat dan Abril Fatface yang bisa di unduh pada google font. Jika sudah di doenload dan di import, selanjutnya modifikasi file Type.kt untuk menggunakan font yang dibutuhkan.

Menambahkan Header

Hasil dan Video Demo






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 8 - Evolusi Perangkat Lunak

Tugas Pertemuan 14 - Evolusi Perangkat Lunak