EAS Pemrograman Web 2022

Tegar Ganang Satrio Priambodo

5025201002

Pemrograman WEB C

Soal:

Kementrian Kelautan dan Perikanan sedang membutuhkan pegawai baru untuk menjalankan tugas di wilayah Provinsi Jawa Timur. Untuk melaksanakan seleksi pegawai membutuhkan sebuah aplikasi pendaftaran dan pelaksanaan ujian.


Alur Aplikasi:
  1. Calon Pendaftar membuat user name dengan verifikasi data ktp
  2. Calon Pendaftar mengupload berkas pendaftaran dan foto diri
  3. Panitia memverifikasi berkas pendaftaran. Bagi peserta yang lolos berkas, diberi akses mencetak kartu ujian masuk.
  4. Pendaftar yang lolos verifikasi, mencetak kartu ujian. Kartu Peserta ujian seperti nampak pada gambar di atas.
  5. Pendaftar melaksanakan ujian secara offline sesuai dengan lokasi yang ditentukan.
Pertanyaan.
1. Dikerjakan sesuai jam kuliah dan secara mandiri/ bukan kelompok
a. Buatlah deskripsi aplikasi berdasarkan studi kasus di atas dan asumsi-asumsi yang diperlukan.
Terdapat dua sisi user yaitu sebagai pendaftar dan admin(panitia)
User Pendaftar
- Saat pertama kali membuka web, user akan diarahkan ke halaman utama atau landing page yang terdapat button register dan login
- Button daftar mengarah pada form pendaftaran peserta
- Button login mengarah pada dashboard peserta
- Form Pendaftaran peserta yang harus di isi antara lain:
  1. Username
  2. Password
  3. NIK
  4. Nama
  5. Tempat Lahir
  6. Tanggal Lahir
  7. Jenis Kelamin
  8. Agama
  9. Alamat
  10. Pendidikan Terakhir
  11. Formasi Jabatan
  12. Upload Foto KTP
  13. Upload Foto Diri
  14. Upload Foto Ijazah Pendidikan Terakhir
  15. Upload Foto Sertifikat Vaksin Booster
  16. Centang Berkas Sudah Sesuai
  17. Tombol submit
- Setelah melakukan submit, calon peserta langsung login menuju halaman utama
- Pada halaman utama peserta dapat mengecek status 
  1. Belum Terverifikasi
  2. Lolos Seleksi Berkas
  3. Tidak Lolos Seleksi Berkas
- Apabila sudah lolos, peserta dapat melihat dan mencetak kartu peserta
User Admin(Panitia)
- Terdapat halaman login berisi username dan password
- Setelah login, panitia langsung masuk ke dalam dashboard dimana dapat melihat berkas pendaftaran peserta
- Panitia dapat menentukan status pendaftaran peserta dan memberukan nomor peserta berserta lokasi tes

b. Rancang UI/ Prototipe aplikasi.
Link Figma: Figma

c. Rancang tabel dan database yang dipakai


d. Buat algoritma dan nama proses yang diperlukan sebagai back end aplikasi
         1. Proses Pendaftaran Calon Pegawai
                Mengakses website Pendaftaran Pegawai Kementrian Kelautan dan Perikanan
                Calon pegawai membuat akun terlebih dahulu dengan menekan tombol pendaftaran
                Calon pegawai mengisi form pendaftaran
                Calon pegawai login menggunakan akun yang telah dibuat
        3. Proses Verifikasi Berkas
                Panitia masuk ke dashboard admin menggunakan akun yang telah digenerate.
                Panitia menuju halaman list pendaftar
                Panitia mengecek kelengkapan dan kesesuaian data diri, berkas, foto diri pendaftar dengan menekan tombol detail
                Panitia dapat menseleksi berkas pendaftar dengan menekan tombol  tolak atau terima
                Panitia dapat mengedit berkas pendaftar apabila terdapat kekeliruan pada berkas 
        4. View Kelulusan Calon Pegawai
            Calon pegawai masuk kehalaman home dan melihat di bawah judul pengumuman apakah calon pegawai lolos berkas atau tidak.
        5. Proses Cetak Kartu
            1. Calon Pegawai masuk dan menuju ke halaman home
            2. Jika calon pegawai lolos, maka akan ada tombol cetak kartu di bawah halaman home 
            3. Calon Pegawai menekan tombol cetak kartu
            4. Calon pegawai menekan tombol cetak untuk mencetak kartu
2. Implementasikan rancangan yang telah dibuat kemudian hostingkan dan diberi nama domain yang profesional. Bisa dikerjakan berkelompok maksimal 3, dikumpulkan paling lambat 20 Desember 2022 pukul 13.00



3. Buat presentasi di youtube dan dokumentasikan di blog, selanjutnya posting link, di komentar 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 10 - Evolusi Perangkat Lunak

Tugas Pertemuan 8 - Evolusi Perangkat Lunak

Tugas Pertemuan 14 - Evolusi Perangkat Lunak