Tugas Pertemuan 8 - Evolusi Perangkat Lunak

Nama : Tegar Ganang Satrio Priambodo

NRP : 5025201002

Kelas : Evolusi Perangkat Lunak


Studi Kasus


    Website SIMPKM yang dapat di akses pada link berikut simpkm.its.ac.id merupakan sebuah website yang digunakan untuk membantu panitia pelaksana PKM di ITS untuk menyeleksi proposal PKM di tingkat Institut. Website ini sudah ada sejak 2021. Berfungsi sebagai sarana untuk mengumpulkan dan mereview proposal.
    Website SIMPKM menggunakan codeigniter framework dalam pengembangannya. Namun website ini memiliki kekurangan dimana saat menggunakan perangkat selain komputer dan laptop pada beberapa halaman tampilan website tidak rapi dengan gambar yang terpotong serta tata letak yang tidak rapi. Selain itu pada berberapa halaman terdapat error sehingga beberapa fungsionalitas pada website tidak dapat diakses.

Strategi Evolusi Sistem dari Legacy ke Target
Maintenance

1. Evaluasi Sistem Legacy (SIMPKM):
Langkah awal yaitu melakukan audit mendalam terhadap sistem SIMPKM. Komponen yang diperbarui adalah fungsi fungsi yang ada pada halaman admin. Komponen yang terdapat pada akun mahasiswa dan dosen masih berfungsi dengan baik, Sehingga perlu dilakukan reengineering pada halaman admin

2. Perencanaan
Sistem yang masih belum berfungsi dilakukan identifikasi kebutuhan, setelah itu dilakukan perancangan logika yang diperlukan.

3. Pengujian yang Ekstensif
Melakukan pengujian yang menyeluruh antara lain pengujian fungsionalitas, performa, keamanan dan pengujian error.

4. Pembuatan Dokumentasi
Membuat dokumentasi arsitektur sistem, alur data, kode, dan keputusan desain.

5. Pemisahan Fungsional
Mengidentifikasi fungsional yang dapat dipisahkan dari sistem legacy. Dashboard admin dibuat kembali menjadi modul baru agar dapat melihat tampilan statistik.

6. Penerapan Desain Modular
Mengelompokan fungsi fungsi yang ada dan menjadikan modular agar dapat diperbarui dengan mudah.

7. Penggunaan Teknologi Terkini
Memperbarui bahasa dan framework yang digunakan.

8. Migrasi bertahap
Perubahan dilakukan secara perlahan sambil memastikan fungsionalitas utama tetap berjalan.

9. Melibatkan Pengembang dan Pengguna
Mengujikan perubahan pada aplikasi kepada pengguna untuk mendapatkan feedback.

10. Pemantauan dan Perbaikan terus menerus
Setelah sistem telah dimigrasikan ke lingkungan baru, perhatikan kinerjanya dan terus berikan perbaikan. Ini melibatkan pemantauan performa, penanganan bug, dan pengoptimalan berkelanjutan.

Pelatihan:

Pastikan bahwa tim pengembangan dan pengguna sistem memiliki pengetahuan yang cukup tentang sistem yang baru untuk mengelola, memelihara, dan memperbarui sistem tersebut dengan benar.

Evaluasi Kembali:

Periodik evaluasi sistem SIMPKM untuk memastikan bahwa itu masih memenuhi kebutuhan dan tujuan bisnis. Teruslah beradaptasi dengan perubahan dalam kebutuhan organisasi.

Pemigrasian sistem dari legacy ke target maintenance adalah tugas yang kompleks dan memerlukan perhatian mendalam terhadap detail serta pengelolaan risiko yang baik. Ini dapat membantu memastikan bahwa sistem baru lebih mudah dipelihara, lebih andal, dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 14 - Evolusi Perangkat Lunak